REMBUG WARGA TAHUNAN (RWT)

WB RWT 063

13/02  Tempat di AulaBalai Desa Sarwodadi dilaksanakan Rembug Warga Tahunan   (RWT ) LKM MAJU MULYA  dengan koordinator Tugimin,  sekretariat Nasirin.  Peserta RWT terdiri dari unsur LKM , Perangkat Desa, RW/RW dan tokoh masyarakat  juga dihadiri Ketua BPD, KPMD, Faskel Senior, Faskel Ekonomi dan Faskel Sosial.  Susunan Acara sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu Indonesia raya
  3. Sambutan-sambutan
  4. Laporan Pertanggungjawaban
  5. Penutup

 

Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) adalah representative / perwakilan warga dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan yang tersusun dalam Perencanaan Jangka Menengah Program Penanggulangan Kemiskinan (PJM Pronangkis) dan berkelanjutan menjadi Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dengan programnya yang disebut gerakan 100-0-100. Sebagai representatif dari nilai-nilai universal, lembaga LKM memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengkomunikasikan segala kebijakan yang akan diambil terkait pelaksanaan program, serta memberikan laporan secara formal dalam periode waktu tertentu (dalam waktu satu tahun) .

Diharapkan setiap bulan secara tertulis LKM melaporkan kegiatan yang akan, sedang dan telah dilakukan melalui media warga ataupun media tempel yang berada dilokasi strategis sebagai media sosialisasi.

Setiap periode satu tahun LKM melaksanakan Rembug Warga Tahunan (RWT) yang dilaksanakan berdasarkan pada AD/ART dan merupakan syarat bagi LKM untuk memenuhi prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Program KOTAKU. Dengan demikian dalam laporan RWT ini, masyarakat diharapkan bisa mengevaluasi laporan hasil kerja LKM , kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan Unit Pengeloa (UP), mulai dari perencanaan kegiatan sampai dengan pengelolaan keuangan LKM. Apabila LKM dalam melaksanakan fungsi, peran dan tugasnya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam KOTAKU, maka laporan pertanggungjawaban tersebut dapat disyahkan.

Laporan Pertanggungjawaban LKM yang disampaikan dalam  forum Rembug Warga Tahunan (RWT) ini melaporkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh LKM selama kurun waktu satu tahun yakni tahun 2017.  Secara umum, kegiatan yang dijalankan oleh LKM berjalan dengan baik. Antara lain :

-Laporan Penyusunan Data Baseline 100-0-100 dan indikasi KOTAKU.

-Laporan Pengembangan Kapasitas Masyarakat (PKM)

-Laporan Tinjauan Partisipatif yang meliputi;

  1.  Tinjauan Kelembagaan
  2. Tinjauan program
  3. Tinjauan keuangan

-Laporan Penyampaian Program Kerja LKM dan RENTA KOTAKU tahun 2018.

 

AdminDesa

BAGIYONO PEMALANG, 27 JANUARI 1970 PERANGKAT DESA KASI PEMERINTAHAN

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *